Jumat, 13 Oktober 2017

Hati-Hati, PC Windows 7 dan 8 bisa Crash Kalau Mengunjungi Website dengan Empat Karakter Ini

Salam ARK


        
           Para pengguna komputer berbasis Windows 7 dan 8 harus berhati-hati. Saat ini, berkeliaran bug yang bisa saja membuat komputer Anda crash dan bahkan rusak. Cara kerjanya pun sederhana, cukup dengan berkunjung saja, tanpa harus mengeklik bagian tertentu.
Keberadaan bug ini diketahui pertama kali oleh situs berbahasa Rusia Habrhabr.ru. Secara khusus, bug ini hanya menyasar pada pengguna Windows 7, Vista, dan Windows 8. Sementara itu, para pengguna Windows 10 bisa tenang karena tidak akan terdampak oleh keberadaan bug ini.
Bug ini memiliki cara kerja yang sangat sederhana. Untuk bisa membuat bug ini bekerja, tinggal menaruh empat karakter yakni ‘$MFT’ pada direktori tempat website tersebut menyimpan gambar. Sistem operasi Windows pun bakal melihat empat karakter ini sebagai file metadata khusus, dan biasanya hanya ada pada komputer.
Namun, hal yang berbeda ketika file tersebut tersimpan pada direktori sebuah website. Ketika PC Windows mengetahui keberadaan file tersebut, komputer pun bakal mengalami permasalahan serius. Bisa jadi, komputer akan mengalami penurunan performa dan lama-lama hang. Anda pun akan dipaksa untuk melakukan booting ulang. Pada beberapa kasus, bug ini bisa memunculkan layar biru blue screen of death (BSOD).
The Verge pun telah mencoba kebenaran kinerja bug ini. Hasilnya, komputer Windows 7 yang mereka gunakan mengalami hang. Dalam percobaannya tersebut, mereka menggunakan browser Internet Explorer. PC yang mereka uji mengalami penurunan performa, dan dipaksa harus booting ulang. Di perangkat lain, mereka menyebutkan kemunculan layar BSOD.
Keberadaan bug baru ini memang cukup menarik perhatian. Apalagi, keberadaannya baru diketahui akhir-akhir ini. Trik yang membuat para peneliti kesulitan menjumpainya adalah peletakan file yang berada pada direktori gambar website. Siapa menyangka kalau pada direktori atau subdirektori seperti ini dipakai untuk menyiman file ‘$MFT’?
Keberadaan bug ini pun semakin mengancam para pengguna Windows 7. Kita tentunya masih ingat dengan serangan masif yang terjadi akibat malware WannaCry beberapa minggu lalu. So, bagi para pengguna Windows 7, sebaiknya waspada ya. Sebagai solusinya, lebih baik bermigrasi ke versi lebih tinggi atau memilih platform lain, seperti Linux atau Chrome OS misalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar