Senin, 02 Oktober 2017

TIPS DAN TRIK TANGKAL PENCURIAN ID DAN PASWORD

Salam ARK


Tentunya, salah satu ancaman yang serius dari tahun ke tahun termasuk di tahun 2014 ini adalah masalah serangan hacker dan juga ulah usil cybercriminal yang mencoba membobol ID dan password seseorang untuk mendapatkan data pentingnya.

Memang dalam urusan membuat password atau kata kunci untuk sebuah account atau sejenisnya tergolong mudah-mudah sulit. untuk itu diperlukan tips tersendiri agar tidak mudah dibobol oleh pihak-pihak yang usil.

Berikut beberapa tips dan trik menarik untuk dapat membuat password aman dan meminimalisir kejahatan online.

1. Membersihkan cache dan history di browser

        Ada kalanya, Anda harus menggunakan komputer umum seperti di warnet atau milik teman ketika sedang tidak membawa perangkat sendiri untuk mengakses internet. Untuk itu, setelah selesai penggunaan, disarankan untuk menghapus semua cache dan history di browser yang terletak di bar atas dan di dalam menu Options.

2. Jangan menulis password
       Walaupun Anda termasuk orang yang memiliki sifat pelupa, tidak disarankan untuk menuliskan password di lembaran kertas atau menuliskannya kemudian di simpan di perangkat mobile.

Gunakan password yang mudah diingat dan suker dirapalkan oleh pihak lain agar tidak dengan harus menulis atau menyalinnya, Anda tetap akan ingat akan kata kunci tersebut.

3. Jangan gunakan password yang sama
      Di era teknologi dan internet ini, mau tidak mau, Anda harus memiliki banyak account termasuk email, password jejaring sosial, cloud dan lainnya. Walaupun sulit, hendaknya tidak mengaplikasikan satu password untuk multipel account. Ciptakan password yang unik untuk setiap account yang Anda punyai.
4. Ciptakan password yang benar-benar unik
      Ketika menciptakan satu password jangan membuat kata kunci yang sekiranya dapat diterka oleh teman, keluarga atau juga para hacker dan cybercriminal. Password seperti tanggal lahir, nomor rumah, nama hewan peliharaan atau sejenisnya tidak disarankan untuk digunakan.

Untuk itu, dalam menciptakan password hendaknya membuat dengan berbagai macam percampuran huruf dan angka. Jangan gunakan kata-kata umum yang sering muncul dalam kehidupan sehari-hari. Buatlah password yang berbeda dengan username atau ID dan setiap 30 hari sekali, disarankan untuk menggantinya dengan kata kunci yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar