Sabtu, 30 September 2017

TIPS MENGETAHUI FAKTOR PENYEBAB LAPTOP YANG LEMOT DAN CARA MENGATASINYA

Salam ARK

Solusi mengatasi laptop kamu yang lemot hinga menyebabkan dari laptop hank karena disebabkan beberapa faktor penyebab terjadinya masalah pada perangkat laptop kamu, hal ini tentunya membuat hampir setiap orang akan merasa kesal jika hal ini terjadi, pernah kamu meresa kesal saat laptop kamu tiba – tiba lemot sedangkan kamu harus di kejar dateline?
Akan saya contohkan permisalannya, tapi saya harap kamu jangan nyengir sendiri, karena kita mungkin pernah mengalami nasib yang sama, entah apa yang terpikir dalam benak kita jika esok hari bertemu dengan bos, sedangkan pekerjaan kita tak urung juga terselesaikan karena laptop kesayanganmu tiba-tiba ngeblank atau lemot saat kamu mengerjakan dateline dimalam hari, atau kamu adalah seorang mahasiswa yang mengalami kejadian naas ini yang bertemu dosen kiler kamu kemudian diminta untuk mengerjakan tugas yang harus diselesaikan esok hari seperti terasa petir menyambar ke ubun-ubun kepala, laptop lemot kamu itu rasanya ingin saja di buang ketempat sampah.
Memang laptop yang lemot sangat mengganggu pekerjaan tugas kita, aktivitas kita dalam dunia online juga terganggu pernah mengalami cancel order gara-gara laptop kamu lemot? itu kejadian tragis sekali yang pernah saya alami.
Kita harus mengetahui penyebab apa saja yang menjadikan laptop kita lemot, lebih baik kita mengetahui penyebabnya dari pada kita harus berulang kali pergi ke jasa service, tentunya itu akan membuat dompet kamu terkuras.

Penyebab lemot laptop kamu ada beberapa hal;


1. RAM laptop berkapasitas kecil




Jika laptop kamu memiliki RAM yang kecil kamu harus menyadari hal ini karena Random Acces Memory atau RAM ini hanya mampu menjalankan program yang sifatnya sementara, jangan memaksakan laptop yang memiliki kapasitas kecil untuk membuka banyak program atau membuka program yang membutuhkan kapasitas RAM yang besar.

2. Menjalankan program multitasiking


Seperti pembahasan di atas, bahwa program yang terbuka secara bersamaan akan menyebabkan RAM kamu bermasalah, tentunya laptop kamu akan mengalami hal yang tak terduga seperti laptop lemot dan cepat panas.

3. Virus dan Malware masalah tersembunyi


Diibaratkan setetes racun, walaupun di campurkan dengan segelas air, maka tetaplah racun. Bayangkan saja virus tanpa disadari akan merusak sistem kita secara perlahan, kemudian akan melakukan regenerasi atau cloning di sistem laptop kamu, semakin menyebar pada sistem laptop tentunya akan merusak file – file yang ada di laptop atau komputer, berbagai kendala akan kamu alami, mulai dai pembahasan ini seperti laptop akan terasa lemot, bahkan bisa mengalami kematian pada laptop kamu,

4. Menjalankan program berat

Jangan pernah kamu memaksakan kemauan orang lain yang tak bisa orang lain kerjakan? ya seperti itu, laptop juga memiliki kemampuan untuk melakukan jenis pekerjaan, jika kamu memilliki laptop yang berkapasitas RAM kecil jangan pernah kamu menjalankan corel draw, ya tentu saja laptop kamu akan lemot jika menjalankan program demikian, ibaratkan saja seorang anak kecil yang mengerjakan pembangunan rumah.

5. Program Starup terlalu banyak

Pernah kamu membuka laptop kamu, saat pertama kali sudah sudah terasa lambat, faktor penyebabnya tentunya karena adanya aplikasi yang terbuka secara otomatis saat laptop kamu pertama kali dibuka  / starup, program yang berjalan pada starup bisa saja secara bersamaan tanpa kita duga, proses multitasking diawal penyebab laptop kamu menjadi lemot.

6. Banyaknya program pada laptop

Ruang penyimpanan pada hardisk sama halnya dengan RAM, jika kamu pernah belajar sistem computing kamu pasti tahu cara kerjanya, lebih baik jika kamu memang di haruskan menginstall program kuliah sediakan hardisk eksternal kamu untuk menyimpan program tersebut, karena kapasitas hardisk juga memiliki batasanya, tentunya kamu tidak ingin lambatnya /lemot pada laptop kamu terjadi.

7. Temporary adalah sampah yang tertimbun


Temporary pada laptop juga sebaiknya harus kamu perhatikan karena file – file yang tidak terpakai walaupun kamu sudah menghapus file tersebut pada dasarnya akan tersimpan pada recyecle bin atau file sampah jika kamu tidak menghapusnya secara berkala, sampah tersebut akan menumpuk dan menyebabkan terjadinya sistem pada laptop kamu lemot.

8. Heatsink dan Hardware kotor


Sering kali kita tidak memperhatikan hal ini, karena kamu takut untuk membuka laptop yang jelas-jelas adalah milik kamu sendiri, heatsink pada laptop atau komputer bertugas mengeluarkan udara yang panas di dalam laptop kamu, apakah kamu mengetahui debu yang menumpuk pada heatsink kamu? debu yang menumpuk pada kipas heatsink akan menurukan kinerja heatsink untuk mengeluarkan suhu laptop, jika kamu mengabaikan hal ini bisa saja laptop kamu tetap lambat atau lemot.

9. Sistem defrag yang tidak kamu jalankan

Kembali lagi temtang pembahasan sistem computing, saat kamu menyimpan file pada laptop, extension akan menumpuk secara tidak teratur, ini akan menyebabkan pembacaan extentension pada sistem secara acak, oke, akan saya contohkan disini; misal anda memiliki sebuah wadah lalu anda taburkan tanah, tanah akan tersebar pada wadah tersebut, jadi anda harus menatanya agar tanah tersebut menjadi rata.
Sering kali kita hanya sebagai pengguna  lebih memilih mengeluarkan uang untuk membayar jasa raparasi komputer, namun bagi saya hal tersebut tidak perlu kamu lakukan selama kamu mengetahui penyebab terjadinya lemot pada latop kamu, laptop akan mudah teratasi jika kamu mengetahui penyebab dari laptop kamu lemot, lalu setelah kamu membaca artikel kami diatas, tindakan selanjutnya adalah mengetahui cara mengatasi laptop yang lemot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar